Rabu, 27 April 2011

Sekilas Tentang Unit Gas Domestik PERTAMINA INDONESIA



Unit Gas Domestik merupakan salah satu unit bisnis di Pertamina yang memasarkan LPG dan produk-produk gas lainnya di Indonesia. Sejak tahun 1968, Unit Gas Domestik telah berkomitmen untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia dengan menyediakan LPG sebagai bahan baku dan bahan bakar Industri, Rumah Tangga, dan Komersial dengan menggunakan brand "Elpiji". Akhir-akhir ini, Elpiji menjadi lebih dikenal dan dekat dengan masyarakat karena adanya program Pemerintah untuk mengkonversi Minyak Tanah dengan Elpiji, yang ternyata telah terbukti lebih ekonomis, efisien dan ramah lingkungan.

Dalam era langit biru, Gas Domestik memegang peranan penting dalam menyukseskan program ini. Disamping Elpiji, sejak tahun 1987 Unit Gas Domestik juga telah menyuplai bahan bakar gas dengan menggunakan CNG (Compressed Natural Gas), dibawah brand "BBG". Pada tahun 2004 diluncurkan brand "Musicool", suatu hidrokarbon refigerant yang ramah lingkungan, menjadi satu bukti dari komitmen kami untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik karena menjaga lapisan ozon dari kerusakan dan efek pemanasan global.

Untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen, Unit Gas Domestik membagi wilayah pemasarannya menjadi lima area pemasaran yang dipimpin oleh Manajer Region, yaitu:

    Region I, melingkupi Provinsi NAD, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau Daratan dan Riau Kepulauan, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung.
    Region II , melingkupi area DKI Jakarta, Provinsi Banten dan Jawa Barat, Kalimantan Barat.
    Region III , melingkupi area Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta
    Region IV , melingkupi area Provinsi Jawa Timur, Bali, NTB, NTT.
    Region V, melingkupi area Kalimantan Timur, Sulawesi dan Papua.

Saat ini, diversifikasi energi merupakan suatu keharusan dalam rangka mengantisipasi krisis minyak bumi disebabkan adanya kecenderungan penurunan cadangan minyak bumi. Bersama dengan Laboratorium dan Riset PT. Pertamina (Persero), Unit Gas Domestik mengembangkan LPG untuk transportasi, atau LGV (Liquefied Gas for Vehicle).

Peningkatan terus menerus selalu dilakukan oleh Unit Gas Domestik dalam mengembangkan produk-produknya, untuk mendukung infrastruktur yang handal dan memberikan pelayanan yang lebih baik serta memberikan dukungan terbaik bagi pemerintah Indonesia, masyarakat, dan lingkungan. Pelayanan dan produk-produk yang terbaik dapat diartikan sebagai kepuasan pelanggan yang diharapkan akan terwujud kehidupan masyarakat Indonesia yang berkualitas
Visi

"Menjadi Perusahaan Gas Kelas Dunia"

Misi

    Menjalankan usaha yang meliputi : Pengadaan, Penimbunan, Pendistribusian, dan Pemasaran yang terintegrasi berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.
    Mempertahankan posisi sebagaimana market leader bisnis gas dalam negeri.
    Memberikan layanan dan benefit terbaik kepada stakeholder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar